MY REVIEW ABOUT THE QUEEN’S CLASSROOM (여왕의 교실)

6rsw1

  • TV Show: The Queen’s Classroom / Queen of the Classroom
  • Revised romanization: Yeowangui Kyosil
  • Hangul: 여왕의 교실
  • Director: Lee Dong-Yoon
  • Network: MBC
  • Episodes: 16
  • Release Date: June 12th, 2013
  • Runtime: Wednesdays & Thursdays 21:55
  • Language: Korean
  • Country: South Korea
  • Download Zone & Forum: here

The Queen’s Classroom… wah, aku menemukan drama Korea bagus lagi nih. Sebulan yang lalu saat sedang searching K-Drama baru, tak sengaja aku melihat di forum Indowebster ada thread drama ini.

Saat membaca sinopsisnya, aku tertarik dengan tema yang diangkat, yaitu tentang kehidupan seorang guru. Lebih lengkapnya sih menceritakan tentang keadaan siswa-siswa kelas 6 SD yang dididik oleh seorang guru baru bernama Ma Yeo Jin (Ko Hyun Jung). Konfliknya sudah dimulai sejak episode pertama, sejak anak-anak mulai ngegosip tentang kemunculan guru barunya yang dijuluki ‘Nenek Sihir’. Karena beliau tidak hadir saat upacara tahun ajaran baru, maka anak-anak tidak tahu seperti apa penampilan wali kelasnya itu dan begitu masuk ke kelas, barulah mereka mengetahui penyebab guru Ma disebut ‘Nenek Sihir’.

Udah ya, nggak mau spoiler banyak-banyak. Intinya sih drama yang diadaptasi dari J-Drama dengan judul yang sama ini BAGUS! Aku belum berani bilang tambahin banget, karena aku baru nonton sampai episode tiga.

Lho? Baru sampe episode tiga aja udah belagu bikin review!

Ih, ya suka-suka dong! Blog, blog gue, yang ngisi gue… siapa kau nyuruh-nyuruh *pasang muka datar* *berantem sama siapa sih?* jadi, kenapa gue mutusin me-review drama ini, ya karena menurutku ini drama yang bagus. Well, sebisa mungkin aku me-review apa-apa yang kubaca dan kutonton yang bagus (menurut pandanganku). Buat kenangan aja sih kalau ternyata bacaan sama tontonan gue nggak datar, gitu-gitu aja.

Yah, sebenernya timbunan film dan drama aku masih banyak yang belum ditonton; such as Man from the Star, Bridal Mask, et cetera. Tapi entah kenapa aku pengen nonton drama ini duluan. Mungkin karena aku ingin belajar jadi guru lebih baik lagi. Meski bingung juga sih, guru Ma ini semacem tokoh abu-abu, aku nggak bisa menentukan karakternya baik atau jahat. Terkadang ia memang (terlalu) jujur mengenai kemampuan anak didiknya, ia memberikan pelajaran hidup dan kenyataan yang dihadapi manusia kepada anak didiknya—which is good. Tapi… gimana ya bu, mereka kan anak SD gitu loh. Iya sih udah kelas 6, cuman ya sepertinya kalo logikanya udah diajak berpikir layaknya orang dewasa kok agak kejam ya?

Dari sinopsis yang kubaca, karakter guru Ma yang abu-abu itu sepertinya dibentuk dari masa lalunya yang menyedihkan. Aku belum tahu semenyedihkan apa, tapi aku punya perkiraan. Jadi ini drama yang dekat dengan realita, namun terkadang kita sulit mengatakan bahwa inilah yang kita hadapi. Kita sulit bilang get used to it, dan selalu menyalahkan orang lain *sigh*well, memang sudah tabiat manusia untuk sulit mengungkapkan kesalahan sendiri dan cenderung menyalahkan orang lain.

Oke, soal anak-anak kelas 6-3 nih! Wow… anak-anaknya lucu-lucu yaa~ apalagi pemeran Kim Seo Hyun (Kim Sae Ron—I’ve been heard of her name, but have never seen her face before). Mukanya imut-imut, polos, dan datar. Cocok deh jadi anak yang terlalu dewasa dan cerdas (my imagination tell she’s just like Ai Haibara). Yang jadi Go Ha Ni (Lee Young Yoo) juga lucu, pipinya tembam, mirip sama Seo Hyun SNSD. Tadinya aku sempet ngira yang jadi Seo Hyun itu ya si pemeran Go Ha Ni ini… tapi ternyata bukan (dan memang beda banget kali pemerannya).

Sempet merhatiin juga yang jadi Kim Tae Sung (Kim Ji Hoon). Awalnya aku nggak begitu merhatiin nama perannya selama nonton, aku baru penasaran sama dia waktu liat mukanya yang mirip-mirip gitu sama Nichkhun 2PM. Sempet ngira, apa jangan-jangan emang bener adeknya ya? Tapi kayaknya sih bukan. Di AsianWiki nggak disebutkan begitu.

Kemudian pemeran Eun Bo Mi (Seo Shin Ae). Wah, aku nggak begitu menyadari kehadirannya di episode-episode awal. Sesuai karakternya sih, dia semacem invisible girl di kelas. Baru deh di episode tiga ini aku melihat porsi kemunculannya lebih banyak dan dia punya kualitas akting yang mumpuni juga.

Kalau dilihat-lihat sih jalan drama ini cukup cepat ya. Mungkin karena drama ini ingin menceritakan kisah semua anak di kelas 6-3? Sepertinya sih begitu. Aku lebih suka drama yang merangkul semua karakternya, jadi nggak cuma pemeran cewek pertama dan pemeran cowok pertama saja yang punya jatah cerita, tapi semua pemeran harus punya cerita! Everybody’s get their own story. Mereka jadi pemeran utama kisahnya masing-masing, dan kuharap drama ini juga seperti itu.

BTW, aku sempet ngerasa agak heran dengan beberapa adegan di drama ini. Seperti di episode pertama, ada adegan Ha Na berciuman dengan seorang anak lelaki yang kemudian diceritakan bahwa dia pindah sekolah ke luar negeri (kalo ga salah gara-gara narkoba, or something?). Sedih aja gitu masa anak SD udah punya adegan ciuman? Ah elah… jangan maksain ada adegan romance kalo emang ga cocok diadakan dong, ah! Siapa sih script writer-nya?! Terus juga woow, adegan-adegan saat semua anak-anaknya (kecuali Oh Dong Goo) punya ponsel (atau phablet?) canggih dan pameran high-tech ini sangat menggangguku, annoying too hard. Abaikan masalah dulu waktu di SD gue ga pernah punya HP, iya beda jaman. Cuman nggak pas aja… anak SD punya HP, hampir semuanya malah. Ada cerita ntar gara-gara HPnya keren, salah satu anak diculik ga ya? (Emang Indonesia?) maunya sih Go Na Ri yang dapet porsi cerita itu kalo emang ada. Kan ceritanya dia tajir dari lahir :p

Jadi semua konflik yang ada dalam dunia pendidikan pun hadir dalam drama ini. Bagus~~ aku jadi kepikiran, kalo ntar jadi guru apa mesti gue ngapalin semua anak-anaknya, terus nyelidikin latar belakang mereka supaya bisa jadi ‘senjata’ kalo mereka ngelawan atau nggak mau belajar (parah…)? Hehehe, quite impossible. Di drama ini kan sekelas cuman 24 anak. Lah di Indonesia? Bisa dua kali lipat bo!

So, I highly recommend this. Iya sih ratingnya (katanya) kurang oke di pasaran. Tapi, hei, apa kualitas selalu diikuti dengan rating? Liat Sherlock (mini drama baru buatan Inggris) pas season-season awal… dan sekarang fans Sherlock tambah banyak yang tau dan om Ben tambah banyak penggemarnya.

Tapi aku belum bikin reviewnya Sherlock. HAHAHAHA…

Sampai jumpa!

@DEENAmond 

Leave a Reply

