MY REVIEW ABOUT WHO AM I [2015]

CASTS

Credited cast:
Tom Schilling Tom Schilling
Benjamin
Elyas M'Barek Elyas M’Barek
Max
Wotan Wilke Möhring Wotan Wilke Möhring
Stephan
Antoine Monot Jr. Antoine Monot Jr.
Paul
Hannah Herzsprung Hannah Herzsprung
Marie
Stephan Kampwirth Stephan Kampwirth
Martin Bohmer
Trine Dyrholm Trine Dyrholm
Hanne Lindberg
Rest of cast listed alphabetically:
Sara Bernhardt Sara Bernhardt
Maries friend (rumored)
Mike Davies Mike Davies
Europol Security Guard (as Robert Eliot)
Lena Dörrie Lena Dörrie
BKA-Ermittlerin
Alica Hubiak Alica Hubiak
Partygirl
David Masterson David Masterson
Tattoo
Antonia Putiloff Antonia Putiloff
BND Hackerin
Rosa Schrehardt Rosa Schrehardt
Partygirl
Agnes Thi-Mai Agnes Thi-Mai
Alice

Asyikkk, akhirnya bisa nonton di bioskop lagi~

Lebih menyenangkannya lagi, gue (kembali) nonton gratis.

Oke, jadi sebelumnya gue udah cerita kan kalo gue dapet tiket nonton di Blitz Megaplex dari aplikasi Samsung Galaxy Gift Indonesia. All my friends are curious, napa sih sering banget dapet gratisan? Well, biasanya karena keberuntungan—sama kayak kali ini. Gue beruntung jadi 200 orang (kurang lebih) yang ngeklik tombol di aplikasi SGGI dan dapet tiket nonton. Tau sendiri, kalo ikutan gratisan di internet kan mainannya cepet-cepetan sepersekian detik. Lo bertarung sinyal sama ribuan orang lain sana yang juga ngeinstall aplikasi SGGI yang juga ga mau modal. Perjuangannya berat kawan!

Jadi, hari ini kalau gue itung-itung, gue modal naik angkot sama nitip motor aja sebanyak 11,500 rupiah dan snack buat nemenin nonton film ini sekitar 8rb rupiah. Sementara keuntungan gue, nonton gratis yang mestinya bayar 20rb (kalau bawa blitz Card, gue bisa dapet poin! Huh, sebel pake acara ketinggalan!), terus tiga roti Breadlife yang harganya 30rb waktu liat di mesin kasirnya (tapi ga dikasih struk. Yeh dasar), dan beli dua komik Topeng Kaca 60rb tapi pake e-voucher Gramedia dari aplikasi yang sama sebesar 50rb. Jadi gue jatohnya nambahin 10rb doang. Sayang sih, gara-gara panik liat awan mendung, gue buru-buru naik angkot dan lupa ngambil mocha float KFC karena udah ngisi survei dia. Huh…

Film yang gue tonton kali ini hubungannya kayak gitu. Bukan, bukan gratisannya. Bukan juga samsungnya. Bukan juga… well, iya. Hubungannya ke teknologi. Hacker. Peretas. Kalo biasanya gue nonton film amrik atau Inggris (dan juga pemasok film asing terbanyak sepengetahuan gue di bioskop), kali ini gue nontonnya film Jerman.

Uh, yep. Tumben-tumbenan gue nonton film Jerman dan tumben-tumbenan juga Blitz nayangin film Jerman. Entah mereka kesambet apa—dan gue sungguh bersyukur mereka nggak nayangin si fifty yang storyless itu (sementara siswi SMP yang gue ajarin dan temen-temen cewek gue heboh sama itu film. Oh Tuhan… gue pengen cemplungin kelinci gue ke rawa-rawa). Film ini menceritakan tentang hacker dengan kode nama CLAY yang salah satu anggotanya mendatangi Europol dan minta pengajuan program perlindungan saksi. Alur ceritanya maju-mundur cantik. Tokoh utamanya adalah Benjamin, seseorang mirip gue—tapi gue ga bakat hackerintrovert, an outsider, dan invisible. Alasan dia jadi hacker adalah waktu dia nganter piza ke kampus, dia ketemu sama cewek bernama Marie and KABOOOM!! mendadak dia jatuh cinta. Dia meretas website kampus buat liat soal ujian, tapi ketahuan dan disuruh menjalani pelayanan masyarakat selama 50 jam.

Waktu lagi tugas itu, dia ketemu sama Max, cowok gaul bin bawel yang kemudian kenalan sama dua sobat Max lainnya, Stephen dan Paul. Benjamin diajakin masuk geng mereka—geng hacker yang kepengen cari perhatiannya MRX, semacem hacker paling terkenal dengan 3 aturannya.

1) No System Is Safe.

2) Aim for the Impossible.

3) Enjoy the meat world as much as the net world.

Buat menarik perhatian si MRX ini, keempatnya memulai dengan meretas, salah satunya perusahaan farmasi yang nantinya mereka gampang ngambil obat Hermalix (apa namanya bener?) biar mereka ga ngantuk waktu malem gitu. Tapi ternyata, bagi MRX, mainan mereka cuman mainan anak kecil dan ini buat Max kesel parah. Akhirnya Ben keluar ide, gimana kalau kita meretas semacem FBI yang ada di Jerman. And when they’re done… yah. konfliknya bertambah parah dan, lo mesti nontton sendiri buat tau kelanjutan ceritanya.

Gue suka film ini karena ini nggak cuman ngebahas soal hacker dan kejar-kejaran antara intel Eropa sama CLAY aja. Cerita yang diangkat menarik, visual waktu masuk ke forum hacker juga keren. Just like when we are in social media. Kita pake topeng, topeng bermacem-macem dan nggak ada yang tau siapa kita sebenernya. Lalu lo nggak akan nyangka, kalau ternyata ada sisi psikologis yang ikutan dibahas di film ini. Apa itu?

Mind blowing.

Seusai nonton, yang ada gue pusing, dua kali mulut gue terbuka karena bengong. Mind blowing and jaw dropping gitu deh. Oke gue lebai. Sebenernya sisi psikologis hanya dibahas bentar doang dan waktu gue ngobrol sama temen gue, bahasan psikologis itu nggak real. Itu cuman sulapnya Ben supaya Hanne, cewek interpol yang ngejar FR13NDS (nonton sendiri supaya tahu mereka ini apa) mau ngasih perlindungan saksi ke Ben. Dan akhirnya? Guess what…

Waktu nonton film ini, sama sekali nggak ada perasaan bosen waktu nonton. Mungkin karena gue minum green tea yang berkafein dan cemilan mie penuh MSG itu kalik, makanya gue tetep melek sepanjang pemutaran film. Gue nggak nyangka bakal nonton film kayak gini yang bikin gue cinta sama hacker dan pengen belajar bahasa Jerman (oke, gue tahu nggak nyambung). Nggak pernah terlintas di pikiran gue waktu memutuskan nonton film ini kalau gue bakal tersepona segininya. Tapi ya, itulah gue. Gampang banget terpesona. Silakan bicara bahasa pemrograman dan gue akan jatuh cinta. Atau pingsan. Atau muntah karena otak gue nggak mampu memrosesnya.

Masih ada satu review lagi. Maaf mengganggu tengah malam kalian!

@DEENAmond

One thought on “MY REVIEW ABOUT WHO AM I [2015]

Leave a Reply

