MY REVIEW ABOUT THE MARTIAN [2015]

Matt Damon Matt Damon
Jessica Chastain Jessica Chastain
Kristen Wiig Kristen Wiig
Jeff Daniels Jeff Daniels
Teddy Sanders
Michael Peña Michael Peña
Rick Martinez
Sean Bean Sean Bean
Kate Mara Kate Mara
Sebastian Stan Sebastian Stan
Chris Beck
Aksel Hennie Aksel Hennie
Alex Vogel
Chiwetel Ejiofor Chiwetel Ejiofor
Benedict Wong Benedict Wong
Bruce Ng
Mackenzie Davis Mackenzie Davis
Donald Glover Donald Glover
Nick Mohammed Nick Mohammed
Tim Grimes
Chen Shu Chen Shu
Zhu Tao

Akhirnya kuputuskan kembali aktif ngeblog. Ada yang kangen? Nggak, oh ya udah…

Sebulan terakhir udah mulai mengaktifkan diri lagi sama kehidupan mahasiswa semester akhir. Akhirnya mulai penelitiaaaannn~~~ *menabur konfeti* *pasang album Kyuhyun yang baru* meskipun udah penelitian, tapi kehidupan dunia maya ini tetep jalan dong. Oh jelas. Mana tahan gue sibuk bikin RPP sama statistika tanpa buka Facebook, Twitter, Instagram, apalagi Goodreads ya! Soalnya kan udah dapet buku terbaru seri In Death (yang belum di-review di sini loh, btw… tapi kalau kepo sih bisa cek GR aku, udah ada sedikit review di sana soalnya HAHAHAHAAHA), dapet buku gratis Hidden Huntress—iyaaaa… gue dapet dong akhirnya buku abang Tristan de Montigny tersayang yang udah sebulan terakhir juga nungguin, terus webcomic The Dragon Next Door, buku Ketika Ibu Melupakanku dari web kickandy… duh, berkah anak yang lagi penelitian nih kayaknya.

#ga bermaksud nyombong

#mau berbagi kebahagiaan aja sih

#ga usah suuzon dulu deh

Oke, lanjut. Jadi ceritanya adalah gue pengen banget nonton The Martian ini. Mana kan gue menang tiket gratisnya juga. Brengsek banget ga sih hidup gue, dapet tiket gratis tapi nontonnya malem mulu? Mending kalo mobil harganya murah dan jalan Jakarta ga macet, bisa gue kejar itu nonton gratis. Tapi ini? Udah malem, tinggal di planet lain–which reminds me, sejodoh sama tema film yang gue pengen banget nonton. Oh ya, terus abis itu minggu pertama penayangan film ini keluarga gue ada acara mulu akhir minggunya dan kakak gue pengen nonton juga, karena doi ngefans banget sama om Matt Damon yang, demi Tuhan, kenapa sih makin berumur makin ganteng gitu? Dosa tauk, bikin anak orang galau pengen banget nonton Om, tau ga? Untungnya dia tipe artis yang ga banyak tingkah, jadi selalu menyenangkan sih nonton filmnya, sekalipun dia jadi orang antagonis sebelumnya dan yang ada dipikiran gue adalah mana keliatan om satu ini jadi orang jahat.

Gue dilanda kegalauan. Oke, gue ga bisa nonton gratis (kampret!), oke, weekend ada acara kan bisa nonton weekdays—tapi kakak gue pengen dan bete kalo gue udah nonton duluan. Kemudian gue dapet tiket gratis (akhirnya, lagi!) dari Galaxy Gift, tapi akhirnya ga kepake itu tiket gratis gara-gara seminggu doang kadaluarsanya dan seminggu gue ga kemana-mana kecuali sekolah-rumah.

*sigh* *deep down sigh* *kemudian dipanggil thesaurus rape*

Oke, akhirnya gue bisa nonton sih. Nonton film ini gratis (dibayarin kakak gue) sih. Kesel sih nggak—buat apa juga, toh udah kejadian semuanya dan marah ga akan nyelesein masalah sih. Itu aturan gue. Jadi mari puk puk Deena yang malang dan mari kita ke filmnya.

Here we go!

Film ini menceritakan tentang para astronut Ares III yang lagi melakukan penelitian di Mars untuk ketiga kalinya. Sayangnya, di awal film terjadi badai yang sangat kencang di Mars yang membuat para astronut ini memutuskan untuk pergi dari planet itu.Too bad buat Mark Watney yang diperankan om ganteng Matt Damon, dia terhantam semacem antena ketika badainya menerjang dan membuat para anggota tim yang lain memutuskan untuk meninggalkannya, meski dengan perasaan setengah hati. Mereka pun memberitahu NASA bahwa mereka akan pulang dan memberitakan bahwa Mark telah meninggal dunia.

Kisah nggak akan selesai di situ—meski kalau ngikutin kayak film sci-fi jaman dulu mah filmnya lanjut terus tanpa nyeritain karakter macem Mark. Dianggep mati dan dadah bye. Ternyata si Mark ini masih hidup. Cuman ketimbun pasir berapa senti dan kemudian dia sadar kalau dirinya ditinggal di sebuah planet tak berpenghuni dan dia ada ribuan kilometer dari tempat tinggalnya—dan gue bilang ini secara harfiah.

Setelah mengasihani dirinya beberapa menit—atau jam, Mark mulai memutuskan gimana caranya dia survive dan mencoba mengontak NASA untuk menyelamatkan dirinya. Untung, dia adalah botanis terbaik di dunia, secara kita tau NASA cuman nerima the best of the best dan dia pun mulai merancang strategi buat bertahan hidup dengan suplai yang tersisa di Hab.

Berbeda dengan Interstellar yang bikin lo bingung nontonnya karena penuh dengan istilah fisika dan gravitasi menyebalkan yang bikin mengerutkan kening, The Martian ngasih sebuah suguhan yang mudah banget dicerna. Alih-alih menggunakan istilah day atau hari untuk menyebutkan berapa lama Mark di Mars, digunakan istilah Sol. Selain itu juga konfliknya bukan yang bikin lo benci sama satu karakter karena saking bencinya lo sama dia dengan keputusannya yang macem egois. Bukan, nggak ada konflik gitu. Mungkin pas permulaan konflik ada perbedaan kepentingan di tubuh NASA, tapi semua itu bikin lo mikir make sense ternyata apa yang diomongin mereka. Mereka semua mau nyelamatin Mark, tapi buat melakukan ekspedisi ke angkasa luar lagi dengan waktu mendadak itu bukan hal yang mudah.

Overall, gue menikmati banget film ini dan merekomendasi banget sama kalian yang belum nonton. Terus juga, akting Matt Damon sebagai Mark itu tetep menyenangkan—meski ada depresinya, tapi nggak macem lebai gitu. Malah lo akan sering ketawa-ketawa ga jelas dengan kelakukan orang gila cerdas satu itu, juga dengan caranya yang mengejek selera musik komandannya sendiri. Gue ga akan terkejut kalau film ini menarik banyak untung dan menang penghargaan… well, we’ll see about that later.

Ngomong-ngomong, sebelum gue menonton film ini, gue melihat Instagram 9gag yang nampilin gambar ini:

Kemudian gue berpikir, America loves Matt Damon the most, thank God! HAHAHAHAHA….

@DEENAmond

Leave a Reply

