[K-DRAMA] MY REVIEW ABOUT 군주-가면의 주인 (Ruler – Master of the Mask) [2017]

ruler-_master_of_the_mask-p1

Profile

  • Drama: Ruler: Master of the Mask (literal title)
  • Revised romanization: Goonjoo-Gamyunui Jooin
  • Hangul: 군주-가면의 주인
  • Director: No Do-Cheol
  • Writer: Park Hye-Jin
  • Network: MBC
  • Episodes: 40
  • Release Date: May 10 – July 13, 2017
  • Runtime: Wednesdays & Thursdays 22:00 (35 minutes each / 2 episodes per day)
  • Language: Korean
  • Country: South Korea

Plot

In the 1700’s, Crown Prince Lee Sun (Yoo Seung-Ho) fights against Pyunsoo hwe. Pyunsoo hwe is an organization that has accumulated power and wealth through privatizing water all over Joseon. Crown Prince Lee Sun becomes a hope for the people who suffers. Ga-Eun is the woman Crown Prince Lee Sun loves and she helps grow as a ruler.

Notes

  1. Drama series will takeover the MBC Wednesdays & Thursdays 22:00 time slot previously occupied by “Radiant Office” and followed by “Man Who Dies to Live” July, 2017.
  2. Yoo Seung-Ho cast in MBC drama series “Ruler: Master of the Mask.”
  3. Kim So-Hyun cast in MBC drama series “Ruler: Master of the Mask.”
  4. L (Kim Myung-Soo) cast in MBC drama series “Ruler: Master of the Mask.”
  5. First script reading took place December 23, 2016 at MBC Broadcasting Station in Sangam, South Korea.
  6. 3 teaser posters for “Ruler: Master of the Mask.”
  7. First still images of Yoo Seung-Ho in MBC drama series “Ruler: Master of the Mask.”
  8. First still images of L in MBC drama series “Ruler: Master of the Mask.”
  9. First still images of Kim So-Hyun in MBC drama series “Ruler: Master of the Mask.”
  10. 3 main posters for MBC drama series “Ruler: Master of the Mask.”

Cast

Ruler-Master of the Mask-Yoo Seung-Ho.jpg Kim So-Hyun L Ruler-Master of the Mask-Yoon So-Hee.jpg Ruler-Master of the Mask-Heo Jun-Ho.jpg
Yoo Seung-Ho Kim So-Hyun L Yoon So-Hee Heo Jun-Ho
Crown Prince Lee Sun Han Ga-Eun Lee Sun Kim Hwa-Goon Dae Mok
Ruler-Master of the Mask-Park Chul-Min.jpg Ruler- Master of the Mask-Shin Hyun-Soo.jpg Ruler- Master of the Mask-Bae Yoo-Ram.jpg Ruler- Master of the Mask-Lee Chae-Young.jpg Ruler- Master of the Mask-Kim Byung-Chul.jpg
Park Chul-Min Shin Hyun-Soo Bae Yoo-Ram Lee Chae-Young Kim Byung-Chul
Woo Bo Lee Chung-Woon Park Moo-Ha Mae-Chang Kim Woo-Jae
Ruler- Master of the Mask-Kim Young-Woong.jpg Ruler- Master of the Mask-Kim Seo-Kyung.jpg Kim Myung-Soo Ruler- Master of the Mask-Kim Sun-Kyung.jpg Ruler- Master of the Mask-Choi Ji-Na.jpg
Kim Young-Woong Kim Seo-Kyung Kim Myung-Soo Kim Sun-Kyung Choi Ji-Na
Jo Tae-Ho Gon King Queen Youngbin Lee
Ruler- Master of the Mask-Jung Doo-Hong.jpg Ruler- Master of the Mask-Song In-Kook.jpg Ruler- Master of the Mask-Jung A-Mi.jpg Ruler- Master of the Mask-Lee Dae-Ro.jpg Ruler- Master of the Mask-Jeon No-Min.jpg
Jung Doo-Hong Song In-Kook Jung A-Mi Lee Dae-Ro Jeon No-Min
Lee Bum-Woo Hyun-Suk Court Lady Han Eunuch Han Kyu-Ho
Park Hyun-Suk Ruler- Master of the Mask-Jung Hae-Kyun.jpg Go Na-Hee
Park Hyun-Suk Jung Hae-Kyun Go Na-Hee
Lee Sun’s mother Lee Sun’s father Kkomooli

Additional Cast Members:

Source: AsianWiki dan Soompi

Oh, yay! Another drama worth your day!

Ini adalah drama terbaru yang sekarang sedang aku tungguin tiap minggunya. Ruler aka Master of the Mask. Ini adalah drama terbarunya Yoo Seung Ho setelah dia wamil dan drama historikal aka saeguk dari Kim So Hyun, yang sebelumnya pernah jadi kameo di drama keceh bernama Goblin. Sebenernya setelah Goblin, aku sendiri bingung… apa aku lagi kena drama slump apa gimana—eh, nggak deng… *lirik Strong Woman Do Bong Soon* ya pokoknya entah kenapa sekarang kayaknya kok jarang gitu ya drama yang berkesan begitu lamanya kayak waktu jaman BBF. Gitu loh. Kayak ada something missing, tapi aku sendiri ga tau itu apa.

Well, enough with the prep talk. Kali ini aku akan menceritakan garis besar dari drama Ruler ini. Setting drama ini adalah di Joseon—yes, another saeguk drama tells about Joseon. Pemeran protagonis di sini adalah pangeran mahkota (tentunya… apa sih yang kurang menarik dari drama saegeuk kalo nggak ada pangerannya—or it’s just me :p) yang dulu ayahnya pernah membuat perjanjian dengan pemimpin sekte grup Pyun Soo, Dae Mok. Dengan perjanjian ini, raja itu akan menuruti keinginan sekte tersebut, karena kalau nggak, ia akan mengalami rasa sakit akibat mengonsumsi obat yang diracik dari bunga poppy—yang kalau sekarang sih jadi semacam narkoba ya.

Tersebutlah akhirnya raja itu mempunyai seorang putra mahkota dari selirnya. Namun tak berapa lama sejak kelahiran sang pangeran kecil, ia mengalami peristiwa nyaris mati akibat racun dari anggota sekte yang ada di kerajaan, lantaran si raja nggak mau jadi raja boneka yang dikendalikan sekte tersebut lagi. Sehingga demi menyelamatkan pewaris tahta kerajaan, raja pun kembali membuat perjanjian dengan pemimpin sekte tersebut untuk menyelamatkan sang pangeran. Namun kali ini dengan ganti bahwa raja akan memberikan pangeran kepada sekte untuk menjadi anggotanya dan memberikan kekuasaan distribusi air negara—semacam PAM-nya Joseon—pada sekte tersebut.

Premis drama ini cukup menyenangkan dan unik ya gais. Oke, politik kekuasaan ini memang bukan hal baru di dunia K-Drama, tapi tema yang diangkatnya ini cukup menarik, karena antagonis drama ini mengambil alih kekuasaan (mari kita sebut sebagai PAM saja, supaya lebih masuk ke logika kita, para manusia modern) air negara yang seharusnya mudah didapatkan rakyatnya. Dari sini aja kita bisa memahami betapa sengsaranya rakyat Joseon pada saat itu. Harga air yang cukup mahal untuk mereka dimonopoli oleh sebuah sekte yang semena-mena. Rajanya sendiri tidak berdaya melawan, karena ia sendiri adalah semacam kaki tangan sekte tersebut, meski pun secara sadar ia paham bahwa hal yang dilakukannya ini merugikan rakyatnya.

Di sinilah kemudian muncul sang pangeran. Di usia 17 tahun, Lee Seon mulai mempertanyakan, kenapa ia harus mengenakan topeng di wajahnya. Padahal kan dia ganteng (ya jelas lah) dan cerdas dan segalanya punya lah ya. Dia juga semacem dilarang keluar dari istana. Hal ini dilakukan raja karena beliau khawatir akan keselamatan pangeran. Namun hal ini berefek pada kepribadian pangeran yang terbiasa mendapat segalanya di istana, maka ia menjadi tidak tahu akan hal yang terjadi dengan rakyatnya. Sikap kritisnya baru muncul ketika ia keluar istana dan mencari Woo Bo yang kemudian mempertemukannya pada cinta sejatinya, Han Ga Eun.

Namun kisah cinta si pangeran ini akan jadi semacam rumit, karena ternyata cucu pemimpin sekte tersebut juga menyukai pangeran pada pandangan pertama. Karena dramanya sendiri baru ada 8 episode—pada saat aku menulis ini—maka mari kita nikmati perjalanan kisah ini~

Sejauh ini, selain plotnya, aku juga menyukai bagaimana karakter tokoh drama ini ditampilkan. Lee Seon bukan pangeran yang jatuh cinta begitu saja pada wanita muda pertama yang dilihatnya—karena dalam kasus ini, wanita muda pertama itu adalah cucu musuh kerajaan. Meski pada awalnya dia sangat naif, terutama pada saat ia pertama kali keluar kerajaan, namun perlahan sikapnya mulai menjadi lebih kritis. Namun sayangnya, sikap kritis itu tidak diimbangi dengan pertimbangan matang, karena akibat dari sikapnya itu, ia membuat ayah Han Ga Eun dipenggal di depan umum dan membuat gadis yang dicintainya itu menjadi sangat kecewa dan bertekad menemukan kebenaran di balik kematian ayahnya.

Kemudian dua pemeran utama lainnya, Lee Seon rakyat jelata dan Hwa Goon.

Lee Seon rakjel ini adalah pemuda miskin, namun cerdas. Sehingga nggak heran kemudian anak ini mengajukan dirinya untuk menggantikan diri sebagai putra mahkota yang diincar sekte. Ini seperti kisah The Prince and the Pauper yang ditulis oleh Mark Twain, di mana kalau di buku sih si pangeran ini mau melihat-lihat kehidupan masyarakatnya dan tidak jauh berbeda dengan kisah novel itu, pangeran Lee Seon ingin melihat lebih dekat kehidupan masyarakatnya dengan menjadi warga biasa.

Lee Seon juga, sejauh ini, belum menunjukkan sikap defensif sebagai saingan cinta si pangeran mahkota. Diperlihatkan di saat seharusnya pangeran mahkota yang memenggal ayah Han Ga Eun, Lee Seon rakjel melihat bahwa bukan pangeran mahkota yang sebenarnyalah yang memenggalnya. Meski kemungkinan besar Lee Seon rakjel ini akan jadi antagonis yang berbeda jalan dengan pangeran asli, namun kemungkinan saya tetap akan menyukai karakternya. Mungkin sih…

1.jpg

Kim Hwa Goon adalah cucu Dae Mok, si pemimpin grup Pyun Soo. Jadi bisa dibilang Hwa Goon ini adalah musuh kerajaan sih ya. Tapi meskipun jatuh cinta sama si pangeran asli—dan dia sendiri tahu wajah si pangeran—sejauh ini dia nggak menunjukkan sikap tamak dan ingin memonopoli si pangeran untuknya sendiri. Ya, dia ingin menikah dengan si pangeran. Tapi itu semata-mata karena ia jatuh cinta pada si pangeran. Ketika ia melihat betapa sedihnya pangeran ketika melihat salah satu kasimnya mati keracunan dan melihat pembunuhan yang dilakukan atas namanya, namun tidak pernah dilakukannya, Hwa Goon menunjukkan sikap manusiawinya dan mengasihi si pangeran dengan tidak memberikan identitas pangeran pada kakeknya. Kita belum tahu sih bagaimana karakter Hwa Goon ini akan berkembang, tapi sejauh ini dia masih cukup bisa dipahami karakternya, jadi aku tidak sepenuhnya membenci antagonis di drama ini.

Baiklah, karena dramanya masih berjalan, aku tidak akan memberikan banyak tulisan (udah 1,000 kata… bukan banyak?) soal drama ini. Karena dramanya masih berjalan, jadi mari kita nikmati saja drama saegeuk ini.

PS. Ya, gara-gara masalah di Korea, jadi dramanya terbagi dua karena disisipkan iklan di tengah-tengah drama—which is actually annoying, karena susah mencari subtitel yang benar-benar pas jika aku mengunduh episode yang full, nggak dibagi dua. Tapi ya, gimana lagi coba… saya cuman penikmat dramanya saja, tidak memberikan sumbangsih demi kelancaran dramanya—kecuali mempromosikan lewat tulisan blog—jadi sebaiknya saya diam sajalah.

Sampai ketemu lagi!

2.png

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s